Uncategorized

Pemkab Asahan bersama Anggota DPR RI Panen Raya

Kisaran,DataMedan–Pemerintah Kabupaten Asahan myang dipimpin oleh (Plt) Bupati Asahan H.Surya bersama Anggota Komisi III DPR RI Hinca Panjaitan XIII, gelae kegiatan panen Raya di Desa Serdang,Kecamatan Meranti Kabupaten Asahan, Sabtu (24/8/2019).

Ada pun luas lahan pertanian di Kecamatan Meranti berjumlah sekitar 2.200 hektar. Pada hari itu dilakukan pemanenan seluas 457 hektar lahan pertanian padi di Desa Serdang dan merupakan panen pertama di tahun 2019 untuk Kecamatan Meranti.

Dalam Panen Raya itu juga dihadiriSekretaris Daerah (Sekda), Taufik ZA, Ketua Partai Demokrat Asahan, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, Camat setempat dan Kepala Desa (Kades).

Dalam sambutan H. Surya B,sc mengatakan agar pertani setempat dapat pertahankan lahan sebagai pangan tanpa ada permasalahan konflik, jika pun terjadi konflik maka lakukan kordinasi dengan Dinas Terkait.

Surya menuturkan, khususnya lahan sawah ini seperti yang diatur dalam UU Nomor 41 Tahun 2019 tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan dan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 7 Tahun 1999 tentang Pengaturan Pemanfaatan Lahan Sawah dalam Kabupaten Daerah Tingkat II Asahan.

Hinca Panjaitan dalam arahannya mengatakan, Asahan merupakan salah satu lumbung padi di Indonesia dari dulu sampai saat ini.
“Kepada masyarakat Asahan agar dapat beralih fungsi lahan. Dari lahan kelapa sawit menjadi lahan pertanian,” sebutnya.
Hinca Panjaitan juga menuturkan, Pemkab Asahan dapat menaikan debit air Sungai Bunut agar produksi padi di Kecamatan Meranti dapat meningkat, maka kembangkan pertanian di Asahan. (DM/Dicky Erianda).

Share DataMedan

Leave a Reply