Uncategorized

Dinas Lingkungan Asahan : Kebakaran Lahan Capai 182 AQl

Kisaran,DataMedan–Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Kabupaten Aaahan sebut bahwa Gambaran kondisi polusi udara karena kabut asap di Asahan yang diakibatkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) menembus angka 182 AQI (Indeks Kualitas Udara), dengan PM 2,5, sehingga status golongan tiga atau tidak sehat.
Hal tersebut dikatakan oleh Kadis Lingkungan Hidup Bambang, saat dikonfirmasi wartawan Senin (23/9/2019) diruang kerjanya.

“Aplikasinya Air Quality Monitoring Systems (AQMS) untuk mendeteksi tentang kebakaran di Riau, hanya dimiliki mereka kita tidak, kita hanya gunakan Smartphone untuk gambaran kondusi kabut asap,” ucap Bambang.
Dijelaskannya lagi bahwa Hasil aplikasi ini, pukul 12.30 WIB, menunjukkan angka 182 AQI dan PM 2,5, dan tergolong tidak sehat, angka ini terus berubah dengan kondisi cuaca.
Menurutnya, untuk ukuran udara dalam kategori baik mulai 0-50 AQI, sedang 51-100 AQI, tidak sehat 101-199 AQI, sangat tidak sehat 200-299 AQI, dan berbahaya 300-500 AQI. Sehingga dalam hal ini pihaknya menyarankan kurangi aktivitas keluar rumah, dan selalu menggunakan masker.
“Kita akan tetap memantau keadaan, dan berkoordinasi dengan pihak terkait,” jelas Bambang.(DM/DES).
Share DataMedan

Leave a Reply