Ekonomi

Robi Barus Akan Usulkan Kenaikkan Honor Kepling

Medan,-Ketua Fraksi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan DPRD Kota Medan, Robi Barus akan usulkan kenaikkan honor Kepling (Kepala Lingkungan) di Kota Medan.

Robi Barus akan usulkan kenaikkan honor Kepling itu disampaikannya kepada wartawan di Medan, Selasa (30/5/2023). “Kita akan usulkan kepada Pemkot Medan. Kita siap memperjuangkannya,” kata Robi Barus.

Menurut Robi, kenaikkan honor Kepling sangat wajar, mengingat kinerja Kepling tidak mengenal waktu. Selain jam kerja tidak mengenal waktu, kata Robi, Kepling juga merupakan perangkat pemerintah yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Kerja Kepling itu tanpa waktu, saya bersama Fraksi PDIP DPRD Medan akan mengusulkan kenaikan honor kepala lingkungan kepada Pemko Medan. Kita berharap, kesejahteraan para kepling di Kota Medan bisa meningkat,” ucap Robi Barus.

Berdasarkan aturan yang ada, jelas Robi, Kepling memiliki gaji sama seperti Pekerja Harian Lepas (PHL) atau honorer di lingkungan Pemkot Medan. Namun, Kepling memiliki jam kerja jauh lebih panjang dari PHL.

“Tugas Kepling ini paling berat, tidak ada jam kerjanya. Dari pagi ke pagi, dari warga melahirkan sampai warga digigit nyamuk pun urusan Kepling. Situasi di Kota Medan membuat mereka harus bekerja ekstra,” katanya.

Usulan kenaikan honor Kepling, sebut Ketua Komisi 1 itu, bukanlah hal yang berlebihan. “Untuk itu, kita di DPRD Medan siap membantu membuat regulasinya, agar ada tunjangan membuat penghasilan Kepling bertambah,” katanya. Peningkatan kesejahteraan tersebut, kiranya dapat meningkatkan kinerja Kepling sebagai ujung tombak seluruh program pemerintah,” harapnya.

Di sisi lain, Robi, menekankan menjadi Kepling adalah sebuah pengabdian. Pasalnya, Kepling merupakan pelayan masyarakat yang harus siap bekerja dalam memastikan jalannya program-program pemerintah hingga dirasakan langsung oleh masyarakat. “Kalau tidak mau melayani, tidak usah jadi Kepling,” tegasnya.

Legislator asal Dapil I meliputi Kecamatan Medan Barat, Medan Helvetia, Medan Baru dan Medan Petisah itu, mengingatkan Kepling untuk tidak coba-coba melakukan pungutan liar (pungli) kepada warga. Sebab, Pemkot Medan telah memberikan sejumlah contoh sanksi tegas kepada Kepling yang kedapatan melakukan pungli dengan alasan apapun. “Wali Kota Medan, Bobby Nasution, sangat tegas soal pungli. Setiap Kepling yang pungli, pasti langsung dicopot,” tegasnya lagi.

Share DataMedan

Leave a Reply