Ekonomi

Dr.Rudiawan Sitorus : Penguatan Nilai Ekonomi Pada Sampah Bisa Ringkankan Beban Pemko Medan

Medan,-Anggota DPRD Medan, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) Dr.Rudiawan Sitorus, M.Pem.I, mengharapkan pemengelolaan sampah di Kota Medan bisa ditingkatkan dengan penguatan nilai ekonomi pada sampah. Pihaknya meyakini, jika hal ini dilakukan bisa mengurangi beban pengelolaan sampah Pemko Medan.

Harapan ini disampaikan Dr.Rudiawan Sitorus saat menyampaikan Sosialisasi Produk Hukum Daerah ke 6 Tahun 2023, Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6 Tahun 2015 tentang Pengelolaan persampahan yang dilaksanakan di sejumlah tempat diantaranya, Jalan KLY Sudarso lk X Glugur Kota, Kelurahan Glugur Kota Kecamatan Medan Barat, Jalan Ampera 2, Kelurahan Sei Sikambing C II , Kecamatan Medan Helvetia dan Jalan Iskandar muda baru No 10, Kelurahan Sei Putih Timur 2 Medan Petisah, Sabtu-Ahad (17-18/06/2023).

“Hari ini seperti kita ketahui, penanganan sampah tidak lahi di Dinas melainkan sudah keKecamayan. Kita sangat berharap sampah yang dihasilkan masyarakat bisa dipiliah terlebih dahulu untuk peningkatan ekonomi masyarakat,” katanya.

Politisi Dapil I Kota Medan ini mengatakan, pemilahan sampah yang dilakukan lebih awal, selain dapat menambah nilai ekonomi juga bisa membantu Pemko Medan dalam pengendalian sampah. “Selama ini sampah yang dibuat ke TPS atau TPA itu sudah bercampur. Kedepan kita sangat mengharapkan sampah bisa dipilah terlebih dahulu di tingkat wargam,” katanya.

Dr.Rudiawan juga mengajak masyarakat untuk memanfaatkan kondisi sampah hari ini dengan pengelolaan yang baik dan sampah bisa memiliki nilai tambah.

“Misalnya hari ini yang terbangun di benak masyarakat soal sampah pasti bau dan kotor. Maka anggapan itu harus diubah, di mana jika kita berbicara sampah maka yang ada di benak masyarakat itu bisa menghasilkan pendapatan,” jelasnya.

Disampaikan Dr.Rudiawan, peningkatan nilai sampah dibeberap wilayah sudah ada yang melakukan ekspor. “Kita juga sangat berharap dengan sampah kita bisa mengekspor produk dari sampah,” jelsnya.

Share DataMedan

Leave a Reply