Politik

Pansus Ranperda PBMD Minta Perpanjangan Masa Kerja

Medan,-Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Pengelolaan Barang Milik Daerah (PBMD) minta perpanjangan masa kerja, agar lahir Perda yang berkualitas.

Pansus Ranperda PBMD minta perpanjangan masa kerja itu disampaikan Ketua Pansus, Dhiyaul Hayati, pada sidang paripurna DPRD Kota Medan, Senin (7/8/2023).

Parpurna di pimpin Ketua DPRD Kota Medan Hasyim bersama Wakil Ketua Ihwan Ritonga, Rajudin Sagala dan T. Bahrumsyah. Hadir pada kegiatan itu Wali Kota Medan Bobby Nasution, Sekda Wiriya Alrahman, segenap anggota DPRD Kota Medan, Sekretaris Dewan Muhammad Ali Sipahutar, Kabag Persidangan Andres Willy Simanjuntak serta sejumlah pimpinan OPD Pemkot Medan.

Dari hasil pembahasan, kata Dhiyaul, terdapat beberapa pandangan serta saran dari anggota Pansus sebagai bahan pertimbangan untuk penyempurnaan Ranperda.

Di antara pandangan itu, sebut Dhiyaul, Pansus masih membahas sekitar 378 Pasal dari dari 594 Pasal yang terdapat dalam Ranperda. “Jadi, masih tersisa 216 Pasal lagi belum dibahas,” katanya.

Selain itu, sambung Dhiyaul, Pansus menilai masih banyak yang perlu diperbaharui terkait aset di dalam Ranperda. Sebab, banyak aset pemerintah perlu dievaluasi.

“Aset yang tidak bergerak dan tidak di gunakan sama sekali lewat dari 5 tahun, harus dilihat fungsinya kembali, agar bisa bermanfaat bagi mayarakat luas,” katanya.

Terkait appraisal dan sensus aset, tambah Dhiyaul, Pansus menyarankan agar dibuat 5 tahun sekali. “Di dalam Ranperda perlu penambahan Pasal tentang pengelolaan aset daerah dan Pasal terkait Appraisal,” ujarnya.

Atas dasar itu, lanjut Dhiyaul, Pansus masih memerlukan waktu demi penyempurnaan Ranperda. “Melalui sidang paripurna, Pansus memohon dapat memperpanjang masa kerja Pansus demi terciptanya Perda yang lebih berkualitas, berbasis bukti dan dapat diimplementasikan dengan baik,” pintanya.

Adapun anggota Pansus Ranperda Pengelolaan Barang Milik Daerah, yakni Dhiyaul Hayati (Ketua), Mulia Syahputra Nasution (Wakil Ketua) serta para anggota, masing-masing Paul Mei Anton Simanjuntak, Edward Hutabarat, Hendri Duin Sembiring, Dedy Aksyari Nasution, Dame Duma Sari Hutagalung, Irwansyah, Edi Saputra, Edwin Sugesti Nasution, Mulia Asri Rambe, Afif Abdillah, Ishaq Abrar Tarigan dan Erwin Siahaan.

Share DataMedan

Leave a Reply