Uncategorized

Mulia Minta Segera Evaluasi Kinerja PUD Pembangunan

Medan, Anggota Komisi III DPRD Kota Medan, Mulia Syahputra Nasution, minta segera evaluasi kinerja Perusahaan Umum Daerah (PUD) Pembangunan. Sebab, kinerja BUMD Pemkot Medan itu tidak sesuai ekspetasi dalam mengelola Medan Zoo.

Mulia minta segera evaluasi kinerja PUD Pembangunan itu menjawab wartawan di Medan, Senin (8/1/2024) menyikapi matinya harimau di kebun binatang milik Pemkot Medan itu.

Politisi Partai Gerindra itu menilai, matinya 3 ekor harimau pada akhir tahun 2023 menjadi bukti buruknya kinerja PUD Pembangunan dalam mengelola Medan Zoo.

“Dalam waktu November dan Desember 2023, ada 3 ekor harimau mati di Medan Zoo. Kejadian ini tentu sangat miris sekali bagi kita. Harus ada perhatian dan tindaklanjut dari kejadian ini,” ucap Mulia.

Hal ini, kata Mulia, harus menjadi perhatian Badan Pengawas. “Meski PUD Pembangunan saat ini tidak memiliki Dirut definitif, tetapi ada 3 Direksi definitif lainnya yang harus ikut bertanggungjawab atas hal ini,” ujarnya.

Mulia berharap, Badan Pengawas dapat terus mendorong PUD Pembangunan untuk segera memperbaiki pengelolaan Medan Zoo. Bila tidak, katanya, Medan Zoo akan terus tergerus dan di lupakan masyarakat karena tidak mampu lagi bersaing dengan kebun binatang swasta yang ada di sekitar Kota Medan.

“Segera benahi pengelolaan Medan Zoo. Apakah dengan cara mencari investor atau dengan cara yang lain. Intinya, pengelolaan Medan Zoo harus dibenahi,” tegas legislator asal Dapil V meliputi Kecamatan Medan Johor, Medan Maimun, Medan Polonia, Medan Selayang, Medan Tuntungan dan Medan Sunggal itu.

Pria yang juga Bacaleg DPRD Medan Partai Gerindra dari Dapil V itu meminta, agar PUD Pembangunan dapat mencari solusi dengan berkolaborasi bersama pihak-pihak terkait. “Sekali lagi, kita sangat menyesalkan buruknya pengelolaan Medan Zoo hingga koleksi Harimau yang menjadi satwa andalan Medan Zoo selama ini terus berkurang akibat tidak dirawat dengan baik. PUD Pembangunan Kota Medan harus segera mencari solusi, segera bekerjasama dengan pihak-pihak terkait untuk selamatkan harimau-harimau di Medan Zoo,” ungkapnya.

Di ketahui, pada 31 Desember 2023 seekor Harimau Sumatera betina bernama Nurhaliza alias Putri mati. Dalam kurun waktu Nopember hingga Desember 2023 sudah ada 3 ekor Harimau di Medan Zoo mati, masing-masing 2 ekor Harimau Sumatera dan 1 ekor Harimau Benggala.

Share DataMedan

Leave a Reply