Politik

Program Kesehatan Gratis Harus Terus Dilanjutkan

Medan,- Persoalan kesehatan masyarakat di Kota Medan menjadi salah satu persoalan penting yang mana programnya harus terus berkelanjutan. Untuk itu, program kesehatan Universal Health Coverage (UHC) yang kemudian dinamakan program Jaminan Kesehatan Medan Berkah (JKMB) perlu terus dilanjutkan.

“Program kesehatan gratis merupakan salah satu persoalan penting yang menjadi fokus Perhatian Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS), maka dari itu program UHC ini harus terus dilanjutkan dari tahun ke tahun sebagai ikhtiar memperbaiki kualitas kesehatan masyarakat Kota Medan,” kata Anggota DPRD Medan Fraksi PKS Rudiyanto Simangunsong, S.Pd saat menyampaikan materi sosialisasi produk hukum daerah ke 8 Tahun 2023, Peraturan Daerah (Perda) Kota Medan No 4 Tahun 2012 Tentang Sistem Kesehatan Kota Medan, yang dilaksanakan di jalan AR. Hakim Gg. Pertama, Kelurahan Pasar Medah Timur, Kecamatan Medan Area, Ahad (27/08/2023).

Politisi yang kini dimanahkan maju di Dapil Sumut 5 (Batubara, Asahan dan Tanjungbalai), mengatakan bahwa kebutuhan masyarakat terhadap program kesehatan sangat besar mengingat saat ini biaya yang dibutuhkan untuk perawatan kesehatan sangatlah mahal. “Untuk itu, PKS akan terus melakukan pengawalan di parlemen agar program kesehatan gratis menjadi salah satu program prioritas yang harus diperhatikan Pemerintah,” katanya.

Dengan anggaran lebih dari 7 triliun, Kota Medan pantas memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada warganya. “Ini harus menjadi komitmen kita bersama, peroalan kesehatan gratiswajib mendapatkan porsi anggaran yang memadai,” harapnya.

Ketua BKD DPRD Medan ini menegaskan, Fraksi PKS juga terus memperjuangkan agar BPJS mandiri warga yang terhutang bisa dibebaskan. “Ini juga terus kita perjuangkan, BPJS Mandiri warga yang saat ini terhutang kita harapkan bisa dibebaskan. Meski dalam prosesnya tentu memerlukan waktu dan energi yang tidak sedikit,” ungkapnya.

Mantan Anggota DPRD Kota Tanjung Balai 2004-2009 ini menegaskan, program kesehatan, penanggulagan kemiskinan dan program pendidikan yang berkualitas akan terus menjadi target PKS dimasa-masa yang akan datang, sehingga masyarakat Kota Medan kedepan menjadi masyarakat yang bahagia. “Tentunya kita sangat mengharapkan Kota yang maju masyarakatnya bagaia dan sejahtera,” pungkasnya.

Share DataMedan

Leave a Reply