Peristiwa

Peringatan HCTPS Sedunia, Hj.Fitriani : Anak-Anak Harus Terbiasa Mencuci Tangan

Medan,- Dalam rangka memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabu Sedunia (HTCPS) yang jatuh pada Selasa (15/10/2019), tokoh akademisi Kota Medan Hj.Fitriani Manurung, S.Pd, M.Pd mengunjungi sekolah Dasar Negeri (SDN) 060901 Jalan Mongonsidi No. 65 Medan, memberikan edukasi kepada ratusan siswa tentang tatacara mencuci tangan yang baik serta menjaga kesehatan.

“Kunjungan hari ini, selain dalam rangka memperingati HTCPS, juga sebagai wujud kepedulian terhadap pendidikan dan pentingnya mejaga kesehatan bagi peserta didik,” ucap Hj.Fitriani Manurung, S.Pd, M.Pd kepada wartawan di lokasi acara, Selasa (15/10/2019).

Acara yang disambut antusias ratusan peserta didik ini, diawali dengan memberikan pemahaman tentang pentingnya menjaga kesehatan. “Pentingnya menjaga kesehatan harus terus dikenalkan sejak dini kepada anak-anak, supaya mereka terbiasa dan mengerti pentingnya menjaga kesehatan,” jelas perempuan berhijab ini.

Dalam kesempatan ini, Hj.Fitriani juga memberikan masker kepada siswa dan mengajak siswa untuk menggunakannya sewaktu berangkat dan pulang sekolah atau saat melakukan aktifitas di luar ruang.

Kandidat Doktor di S3 Pendidikan Dasar Pasca Sarjana Universitas Negeri Medan (UNIMED) ini mengatakan, selain memberikan edukasi soal pentingnya kesehatan, siswa SDN 060901 ini juga diberikan pemahaman bagaimana mencuci tangan menggunakan sabun dengan baik.

“Sesuai dengan tema hari ini yang merupakan HCTPS, kita juga memberikan edukasi terkait cara mencuci tangan menggunakan sabun yang baik dan benar. Kita mengharapkan mereka terbiasa kedepannya,” ucapnya.

Dengan peringatan HCTPS ini, Hj.Fitriani mengharapkan Pemerintah Kota dan pemangku kepentingan lainnya memanfaatkan peringatan ini sehingga kualitas kesehatan masyarakat kedepannya bisa lebih baik lagi.

“Kita sama sama mengetahui, dari tangan tersebut sumber segala bakteri tumbuh, apabila anak-anak tidak membiasakan untuk mencuci tangan sebelum melakukan kegiatan. Dengan membiasakan anak-anak mencuci tangan, maka kita membantu mereka tumbuh menjadi anak-anak yang sehat,” papar perempuan yang juga Bakal Calon Wakil Walikota Medan.

Hj.Fitriani Manurung juga mengharapkan kegiatan cuci tangan pakai sabun diterapkan setiap hari, bukan hanya saat peringatan HCTPS saja. “Harus diterapkan setiap hari, setiap saat, dan setiap anak-anak selesai berkegiatan di luar maupun di dalam kelas,” tuturnya.

Share DataMedan

Leave a Reply