Uncategorized

BPBD Asahan Sebut 8 Kecamatan Di Asahan Banjir

Asahan,Datamedan-Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Asahan sebut sebanyak 8 Kecamatan dari 15 Desa di Kabupaten Asahan terendam banjir akibat curah hujan dan mengakibat tanah longsor.


“Saat ini ada 15 Desa mengalami banjir,longsor serta pohon tumbang, kita berharap air segera cepat surut setelah Tim BPBD Asahan segera melakukan penanganan,”ucap Khaidir Sinaga, Sekretaris BPBD Asahan, Rabu (29/1/2020).

Dampak luapan air sungai yang menggenangi beberapa Desa di beberapa Kecamatan di Kabupaten Asahan menunjukkan perubahan keadaan yang variatif dimana ada yang telah mengalami penyusutan secara total dan ada yang masih relative bertahan dengan intensitas penyusutan secara pelan, serta pohon yang tumbang menutupi badan jalan telah berhasil disingkirkan.


“Kita langsung melakukan Pengecekan,monitoring dilapangan untuk menginventarisir yang terdampak serta kerusakan sarana infrastruktur,  serta Penyingkiran pohon yang tumbang,Identifikasi kemungkinan dampak lanjutan yang terjadi, serta menghimbau warga untuk siaga bencana,”ujar Khaidir Sinaga.

Sesuai hasil dari pengecekan dilapangan Kondisi genangan air di Desa Sei Silau Tua, Desa Sei Silau Timur, Desa Prapat Janji, Desa Aek Bamban dan Desa Aek Bange telah surut total. Kondisi genangan air di Desa Karya Ambalutu telah surut dan menyisakan becek di halaman rumah warga. Kondisi genangan air di Desa Bangun Sari, Desa Ambalutu, Desa Terusan Tengah mengalami penyusutan secara lambat/relative bertahan, diperkirakan akan surut sampai esok pagi jika hujan tidak turun kembali. Pohon yang tumbang telah dilakukan evakuasi pembersihan.


“Saat ini kita tidak menemukan adanya korban dari bencana ini, namun terdapat beberapa kerusakan yang ada kita temui,”akhir Khaidir.

Share DataMedan

Leave a Reply