Ekonomi

Sepakat! Pemko Medan Didorong Sejahterakan Warga Medan Utara

Medan, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan melalui komisi terkait bersama Polresta Belawan sepakat untuk mendorong Pemko Medan mensejahterakan masyarakat Kota Medan di wiilayah bagian utara. Sebab, dengan peningkatan kesejahteraan, akan meminimalisir tingkat kejahatan.

Kesepakatan itu diambil dalam pertemuan Komisi I DPRD Kota Medan dengan Kapolresta Belawan saat melakukan kunjungan ke Mapolresta Belawan, Senin (27/1/2020).

Kapolres Belawan, MR Dayan, mengungkapkan tindak kejahatan di wilayah Belawan sangat tinggi, dikarenakan kehidupan masyarakatnya yang sangat memprihatinkan.

“Banyak melakukan kejahatan karena persoalan ekonomi. Kita mencari solusi dan langkah yang perlu diambil, salah satunya memberantas kemiskinan. Selain penindakan, kita tetap melakukan pembinaan,” kata Dayan.

Karenanya, Dayan, mengajak DPRD Medan bekerjasama mendorong Pemko Medan memperjuangkan peningkatan kesejahteraan masyarakat Belawan. “Banyak perusahaan di Belawan ini, tapi masyarakatnya tergolong susah. Kemana dana CSR nya semua. Ini perlu dikoordinir,” pinta Dayan.

Saat ini, sebut Dayan, ada ratusan perusahaan di Medan Utara. “Jika satu perusahaan saja mememberikan CSR nya Rp1 juta per bulan, dipastikan dapat mendongkrak ekonomi masyarakat sekitar. Mohon dukungan dan saran untuk menjawab harapan masyarakat,” pinta Dayan.

Sebelumnya anggota Komisi I, Mulia Asri Rambe (Bayek), menyebutkan banyaknya kejahatan di Medan Utara dikarenakan sulitnya ekonomi masyarakat. “Apa langkah dan peran Kapolres menyikapi hal tersebut. Jika ekonomi masyarakat membaik akan mengurangi tindak kejahatan,” kata Bayek.

Sementara, Abdul Rani, mengharapkan Pemko Medan agar memprioritaskan pembangunan ke Medan Utara. “Tak cukup hanya fokus perubahan RTRW, tetapi lebih fokus perbaikan kesejahteraan warga,” ujarnya.

Rani juga meminta Polres Belawan agar memperhatikan sarana dan prasarana tahanan di Polres Belawan, seperti ruang tahanan yang sering over kapasitas supaya dibenahi.

Sementara Ketua Komisi I, Rudiyanto, mensuport Polisi melakukan upaya pemberantasan kejahatan di wilayah hukum Polresta Belawan. “Kita akan dorong Pemko Medan menjajaki bantuan CSR dari perusahaan kepada masyarakat,” kata Rudiyanto.

Share DataMedan

Leave a Reply