Politik

Pungli Masih Marak, Pansus Minta Inspektorat Tak Tutup Mata

Medan, Ketua Pansus LKPj DPRD Kota Medan, Robi Barus, meminta Inspektorat Kota Medan tidak menutup mata terkait masih maraknya aksi Pungutan Liar (Pungli) di Kota Medan.

“Inspektorat tahu tidak banyak Pungli di Medan ini, atau pura-pura tidak tahu. Masih banyak sekarang ini. Tidak perlu saya tunjuk hidung satu-satu lah,” tegas Robi Barus dalam lanjutan rapat pembahasa LKPj Wali Kota Medan akhir tahun anggaran 2020 bersama Inspektorat Kota Medan, Senin (12/4/2021).

Bila Inpektorat bekerja dengan baik, kata Robi, otomatis OPD-OPD di bawahnya pasti akan menjadi baik. “Jadi, Inspektorat jangan main mata dengan OPD. Kalau tidak, nanti kita gini-gini saja pak. Tapi mungkin itu yang kemarin ya. Mudah-mudahan, sekarang tidak lagi,” sebut Robi.

Sementara anggota Pansus lain, Wong Chun Sen, mengatakan dengan membasmi Pungli, maka PAD Kota Medan akan meningkat. Sebab, aksi Pungli tersebut bisa merusak tatanan Kota Medan.

“Inspektorat harus mengawasi Pungli ini, karena bisa menaikkan PAD. Ada istilah, kalau bisa di permudah kenapa di persulit atau sebaliknya. Ini kan membuat image buruk Kota Medan,” paparnya.

Menanggapi itu, Plt Kepala Inspektorat Kota Medan, Renward Prapat, mengaku pihaknya terus berupaya meminimalisir aksi Pungli di Kota Medan.

“Masalah ini akan menjadi fokus kami kedepan. Dalam setiap pertemuan, kami juga selalu mengingatkan OPD-OPD terkait Pungli tersebut,” paparnya.

Share DataMedan

Leave a Reply