Uncategorized

Pemkab Asahan Hadiri Pelantik Kepengurusan MABMI Asahan

Kisaran,DataMedan–Pemerintah Kabupaten Asahan hadiri Pelantikan Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (MABMI) Kabupaten Asahan Periode 2019-2023 yang terselenggarakan ditempat Pendopo Rumah Dinas Bupati Asahan, Rabu (30/10/2019).
Kegiatan itu di hadir Bupati Asahan, Ketua DPRD Kab. Asahan, Dandim 0208 Asahan, Perwakilan Pengadilan Agama Kisaran, Kakankemenag Kab. Asahan, Perwakilan Kajari Asahan, Ketua Umum Pengurus Besar (PB) MABMI (Dato Seri H. Syamsu Arifin, SE), OPD, OKP, Ketua Etnis dan Tamu Undangan Lainnya.
Laporan Ketua Panitia oleh Tuan H. Syamsuddin, S. Pd, M. Si mengucapkan terima kasih kepada Unsur Forkopimda Kab. Asahan yang telah membantu kegiatan pelantikan PD MABMI Asahan pada hari ini.
Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Asahan yang telah memperbolehkan kami PD MABMI Asahan menggunakan Pendopo Rumah Dinas Bupati Asahan untuk pelantikan.
“Kami PD MABMI Asahan akan mendukung setiap program, visi dan misi Pemerintah Kabupaten Asahan”, tutup. beliau.
Sambutan Ketua MABMI Asahan Hayatsyah, M. Pd mengatakan bahwa kami PD MABMI Asahan akan membesarkan nama PD MABMI Asahan dan akan bersinergi dengan Pemerintah Kab. Asahan dalam membangun serta melestarikan seni budaya melayu yang ada di Kab. Asahan.
Diakhir sambutannya beliau mendoakan semoga apa yang menjadi cita-cita, keinginan dan harapan Bupati Asahan dapat di jabah oleh Allah SWT. Sambutan Ketua Umum PB MABMI Dato Seri H. Syamsul Arifin, SE mengucapkan terima kasih atas sambutan yang diberikan Pemerintah Kab. Asahan dan PD MABMI Asahan kepada saya pada pagi hari ini.
Selanjutnya beliau menyampaikan harapannya, yang mana harapan beliau tersebut yakni berharap agar Bapak Surya dapat melanjutkan memimpin Kab. Asahan pada periode berikutnya, Membantu pembangunan Rumah Adat Melayu di Asahan. Kepada PD MABMI Asahan yang baru dilantik dapat terus menjalin silaturahmi dan bersinergi dengan Pemkab Asahan dalam membangun Asahan.
Diakhir sambutannya beliau mengatakan saya memiliki tujuan untuk memajukan dan melestarikan budaya melayu di wilayah Indonesia.
Dalam Arahan Bupati Asahan H.Surya B,sc berharap kepada kepengurusan MABMI Asahan semakin mengembangkan adat tradisional khas melayu dimana bisa menjadi ico Kabupaten Asahan.
“Tokoh tokoh melayu Asahan saat ini dekat dengan saya, dan saya berharap MABMl bisa menjalankan roda organisasi etnis ini sesaui dengan tujuan nya serta dapat membantu Pemkab Asahan dalam menjalankan visi misi,” ujar H.Surya.
Ia juga menjelaskan bahwa seni budaya itu merupakan peninggalan dari nenek moyang kita yang harus dijaga kelestariannya, maka dari itu melalui MABMl dapat melestarikan lagi bentuk seni tari khas melayu
Beliau juga mengatakan, untuk melestarikan seni budaya yang ada di Kab. Asahan, Pemkab Asahan membuat suata program kegiatan PSBD yang mana program kegiatan PSBD ini dilaksanakan 2 tahun sekali, pada PSBD ini seluruh etnis yang ada di Kab. Asahan berkumpul untuk menampilkan seni budaya yang dimiliki dan disaksikan oleh masyarakat Kab. Asahan.
Pada kegiatan ini Ketua PB MABMI mengambil sumpah janji sekaligus melantik PD. MABMI Kabupaten Asahan Periode 2019-2023
Share DataMedan

Leave a Reply