Event

Wabup Sergai: Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Itu Sangat Penting

Sergai, DataMedan.com | Wabup Sergai, Darma Wijaya mengungkapkan kesehatan gigi dan mulut itu sangatlah penting, karena mulut merupakan pintu gerbang kuman atau bakteri terutama pada usia sekolah dasarlah sangat penting menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Salah satu tindakan preventif/pencegahan adalah dengan menyikat gigi yang benar dan waktu yang tepat.
Demikian disampaikannya saat memberikan sambutan pada acara Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) yang digelar oleh Pemkab Sergai dan Persatuan Dokter Gigi (PDGI), di MIN Sergai, Kecamatan Dolok Masihul, Rabu, (23/10/2019).

Lebihlanjut dikatakan Darma Wijaya, upaya yang dilakukan bukan saja dalam proses kegiatan kuratif dan rehabilitasi medik, tetapi yang lebih penting upaya preventif dan promotif yang semakin banyak melibat-aktifkan masyarakat dan berbagai pihak untuk mewujudkan masyarakat yang peduli kesehatan gigi dan mulut guna mendukung tercapainya Indonesia Sehat Bebas Karies (Gigi Berlubang) 2030.

Di samping itu ungkapnya,
Peran kunci sesungguhnya adalah kepedulian orang tua dalam memberikan pemahaman dan pendidikan kesehatan khususnya kesehatan gigi dimulai dari diri sendiri dan keluarga.

Selain itu agar orang tua terus memotivasi anak-anaknya untuk semangat belajar dan berprestasi, sebab dengan anak-anak yang cerdas dan berprestasi serta berinovasi maka akan menjadi generasi penerus yang dapat membawa Tanah Bertuah Negeri Beradat ini menjadi lebih unggul, maju dan dikenal pada kancah nasional bahkan internasional.

Olehkarena itu Wabup Darma Wijaya mengapresiasi dan bangga kepada PDGI Sergai sebagai salah satu dari 40 PDGI cabang se-Indonesia yang terpilih untuk menyelenggarakan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) Tahun 2019 bersama PT. Unilever Indonesia guna mewujudkan masyarakat yang peduli kesehatan gigi dan mulut guna mendukung tercapainya Indonesia Sehat Bebas Karies (Gigi Berlubang) 2030.

“Semoga kegiatan ini bermanfaat dan memberikan dampak positif bagi masyarakat kita semua”, tandasnya.

Sebelumnya drg. Rina Manurung selaku panitia kegiatan melaporkan, BKGN Tahun 2019 di Kabupaten Sergai dilaksanakan selama 3 (tiga) hari yaitu 16 Oktober, 23 Oktober serta 14 Nopember 2019 di tiga lokasi yaitu MIN 3 Serdang Bedagai, SDN 102061 Martebing, SDN 102062 Martebing, dan SDN 102063 Martebing Kecamatan Dolok Masihul. Untuk kick-off atau pembukaan BKGN Tahun 2019 sendiri secara serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia.

Sedangkan Metode pelaksanaannya dengan melakukan penyuluhan kesehatan dan sikat gigi massal bagi 1.000 siswa SD, pemeriksaan gigi bagi 300 anak, serta edukasi bagi guru Sekolah Dasar/MIN.(DM/02)

Share DataMedan

Leave a Reply