Peristiwa

Komisi IV Dukung Pembangunan Kolam Retensi di Martubung


Medan,- Ketua Komisi IV DPRD Medan Haris Kelana Damanik ST sangat mendukung pembangunan pembuatan kolam Retensi tahap ke dua di Griya Martubung, Kelurahan Besar, Kecamatan Medan Labuhan. Apalagi, selain mengatasi banjir, lokasi kolam nantinya dilengkapi sarana olahraga dan fasilitas pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Kita sangat mendukung program Walikota Medan Bobby Afif Nasution menjadikan lokasi kolam menjadi tempat wisata air dan wisata kuliner,” ujar Haris Kelana Damanik ST (foto) kepada wartawan, Rabu (11/1/2023) menyikapi pembangunan tahap II kolam retensi di Griya Martubung.

Disampaikan Haris, apresiasi yang sangat tinggi pantas disampaikan kepada Bobby Nasution yang melakukan pembangunan kolam retensi. Dimana sebelumnya tempat tersebut merupakan rawa-rawa semak belukar ditumbuhi eceng gondok. Namun saat ini sudah dijadikan kolam bersih tempat wisata air.

“Keberadaan kolam retensi sangat berguna sekali. Selain meminimalisir banjir juga bermanfaat menjadi tempat wisata air,” sebut Haris selaku Wakil Ketua Fraksi Gerindra Kota Medan itu.

Dukungan penuh disampaikan Haris, apalagi dengan adanya rencana pembangunan berbagai sarana olahraga di area sekeliling kolam. Begitu juga dengan penyediaan tempat pelaku UMKM untuk menjajakan dagangannya.

Kata Haris, dengan cara tersebut sangat membantu pemberdayaan pelaku UMKM. “Kita berharap lokasi kolam dilengkapi sarana olahraga, tempat bermain anak anak dan kios pelaku UMKM. Sehingga akan menjadi tempat wisata baru di Kota Medan,” imbuhnya.

Diketahui, pembangunan tahap pertama kolam retensi di danau Laguna tersebut saat ini sudah selesai, pemagaran beton di kolam retensi seluas 10 Ha tersebut sudah terpasang. Pembangunan tahap kedua kembali dilanjutkan di tahun 2023 ini diantaranya pembangunan kolam lumpur, fasilitas taman bermain dan jogging track serta tempat pelaku UMKM.

Upaya yang dilakukan Bobby Nasution dalam mengatasi banjir di wilayah griya martubung dengan membangun kolam Retensi diharapkan mendapat dukungan semua pihak.

Share DataMedan

Leave a Reply