Uncategorized

Kades Silo Baru Tegaskan Masyarakat Jangan Ambil Organ Tubuh Ikan Paus

Kisaran,DataMedan- Kepala Desa Silo Baru,Kecamatan Silo Laut, Kabupaten Asahan, Ahmad Sofyan, menegeaskan kepada masyarakat yang melakukan kunjungan di Laut melihat Bangkai Ikan Paus agar tidak mengambil bagian organ tubuh Ikan tersebut.

“Jika mau berswapoto silahkan, tapi saya berharap jangan sampai Organ tubuh Ikan Paus yang terdampar di Perairan Laut Asahan itu jangan diambil,atau dipergunakan, biarkan saja pihak BBKSDA menanganinya,”tegas Ahmad Sofyan saat dimintai Keterangannya, Minggu (12/1/2010).

Kondisi Ikan Paus yang menjadi Bangkai itu, telah menjadi wisata dadakan masyarakat karena banyak masyarakat baru melihat langsung Ikan Paus.

Saat ini Pemerinrah Desa sudah berkordinasi dengan pihak Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alama (BBKSDA) Sesi 3 Asahan dengan ditemukan Ikan Paus yang terdampar di laut Asahan.

“4 hari lalu ada Ikan Paus terdampar, terus nelayan tradisional langsung menggiringnya ke Laut Tengah, semalam tiba-tiba ditemukan lagi Ikan Paus tersebut dipinggiran Laut Asahan tapi kini Ikan Paus itu tewas,” jelas Kades Silo Baru.

Mendengar laporan bahwa adanya ditemukan Ikan Paus tewas dipinggiran Laut Asahan itu, Pihak BBKSDA Sesi 3 Asahan langsung meninjau lokasi dan diduga kematian Ikan Paus itu karena waktu terdampar dipinggiran laut air laut surut sehingga Ikan tersebut mati kesulitan bernapas.

“Kita akan biarkan Ikan ini membusuk secara alami, karena ini adalah langkah opsi terakhir sebab hendak dibawa ke Darat kondisi berat tonase tidak memungkinkan,” terang Arif petugas BBKSDA.

Diketahui bahwa Ikan Paus tersebut ialah jenis Bongkok dengan panjang 14 Meter dan berat 20 Tonase.

Share DataMedan

Leave a Reply